Halaman

Minggu, November 09, 2008

Perkembangan Bayi Usia Tujuh Bulan

Usia tujuh bulan bagi bayi tampaknya masa-masa dimulainya rasa ketertarikan, ketakutan, keengganan, dan keingintahuan.
Tubuhnya mulai sangat aktif. Berguling-guling selalu dilakukan sang bayi ketika direbahkan. Dan kalau kedua tangannya dipegang, dia akan langsung menarik badannya sampai posisi duduk bahkan seringkali langsung ke posisi berdiri. Awalnya aku ragu menuruti kemauannya untuk berdiri itu karena khawatir kakinya bengkok, tapi keinginannya makin kuat dan sepertinya dia melatih otot kakinya agar lebih kuat.
Kalau lagi digendong, sering badannya seperti lompat-lompat, membalikkan kepala dan badannya ke kanan-kiri bahkan menengadahkan kepalanya sampai badannya ikut terpelanting, dan kalau dia menginginkan sesuatu, dia akan mencondongkan badannya ke arah yang dia inginkan. Di masa-masa ini kayaknya yang punya bayi merasa sedikit kelelahan saat mengasuh.
Ketertarikan atas sesuatu juga mulai ditunjukkan anak usia 7 bulan. Sesuatu yang menarik perhatiannya biasanya kertas, benda2 dengan warna mencolok, permukaan yang bertekstur agak kasar, detail benda2 yang berbeda dari latar belakangnya, sesuatu yang bisa dia genggam, dll. Kalau keinginannya tidak dia dapatkan, kesal, marah, dan merengek menjadi pilihannya. Aku sendiri belum tahu cara mengatasinya, yang biasa kulakukan hanya mengalihkan perhatiannya, entah dibawa ke tempat lain, atau membuat perhatiannya fokus pada kita.
Di usia ini juga bayi tampaknya mulai tertarik untuk bermain. "ci luk ba" ditanggapinya dengan antusias, meskipun dilakukan berulang-ulang sampai orang dewasa bosan dengan "ci luk ba" ini, si bayi tetap bertahan dengan ekspresi tertawa dan gembiranya tanpa ada tanda2 bosan.
Apa lagi ya.. O ya, tidurnya pun agak berkurang dari sebelumnya.
Mungkin deskripsi di atas cuma sebagian kecil perkembangan anak, tapi aku berharap ini bisa jadi dokumentasi dan tolak ukur jika di masa yang akan datang aku punya bayi..

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...